Latar Belakang Proyek
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sungai besar maupun sungai kecil, khususnya terdapat di pulau Kalimantan.
Dalam upaya mewujudkan sistem transportasi darat di pulau Kalimantan, pemerintah harus berusaha mewujudkannya dengan membangun jalan Trans Kalimantan, namun banyaknya sungai-sungai besar telah menjadi kendala serius dalam merealisasikannya.
Jalan Trans Kalimantan Lintas Selatan yang melintasi provinsi Kalimantan Barat juga masih terputus oleh adanya sungai Kapuas yang mempunyai lebar kira-kira 1.143 meter, sehingga pada ruas jalan ini perlu dilaksanakan pembangunan jembata Tayan dengan panjang 1.420 mete, yang terdiri dari 2 buah jembatan dengan panjang masing-masing 280 dan 1.140 meter, dengan melintasi pulau Tayan.
Rancangan Jembatan Tayan
Sistem Jaringan Jalan
Jembatan Sei Tayan terletak 112 Km dari Kota Pontianak, pada ruas Jalan Lintas Selatan Kalimantan yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Poros Selatan Kalimantan merupakan jalan arteri primer dan lintas utama perekonomian di Kalimantan.
Pembangunan jembatan ini akan meningkatkan fungsi Lintas Selatan Kalimantan secara optimal, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi darat yang akan mendukung pengembangan wilayah, perkembangan perekonomian, sosial dan budaya lebih cepat.
Berikut adalah foto-foto pemancangan jembatan Tayan oleh Menteri PU Djoko Kirmanto dan Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH.
Tiang pertama Jembatan Tayan
Penyambutan dengan adat dayak (1)
Penyambutan dengan adat dayak (2)
Pemencetan tobol sirene tanda dimulainya pembangunan Jembatan Tayan
Menteri PU RI Djoko Kirmanto memberikan keterangan pers
Foto bersama karyawan PT. Wika
Foto bersama Menteri PU, Gubernur Kalbar, dan Karyawan
Orang penting pada pemancangan Jembatan Tayan
Berserta para undangan
Pembangunan Jembatan Tayan di tergetkan selesai dalam 2 tahun pengerjaan agar dapat memperlancar perekonomian masyarakat di sekitar Pulau Tayan, maupun pulau Kalimantan secara umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar