Menurut Ciputra, mengelola bisnis itu tidak ada kata baku bahwa
pengusaha ini harus bertindak seperti ini dan seperti itu. Yang lebih penting
adalah bagaimana mengelola setiap hambatan bisnis menjadi sebuah peluang bisnis
di masa depan.Ciputra memberikan tipsnya dalam berbisnis.
Pertama,
barang atau jasa yang ditawarkan itu tidak harus baru, tetapi yang lebih
penting lagi adalah unik. Dengan keunikan ini, orang akan melihat apa yang kita
tawarkan dan orang akan tertarik untuk membeli.
Kedua,
menciptakan merek (brand)
sendiri. Buatlah merek yang khas dan gampang diingat oleh konsumen. Dengan
merek yang gampang diingat, pembeli juga akan gampang mengingatnya dan selalu
ingin untuk membelinya. "Tapi merek ini bisa diciptakan dari sebuah produk
yang dibuat oleh orang lain. Misalnya kita sudah membeli kaus dari orang lain,
lalu mereknya dibuat oleh kita sendiri. Itu tidak apa-apa," katanya.
Ketiga,
pasarkan secara online.
Sekarang ini sudah marak berbisnis via dunia maya. Dengan cara ini, produk atau
jasa bisa langsung tersebar ke pelosok. Keempat, tinggalkan cara bisnis
konvensional. Pakailah agen. Di sini bisa saja barang atau jasa itu dijual
melalui agen-agen penjualan. Ini akan lebih mempercepat penjualan bisnis.
Lebih
dahsyat lagi, bila bisnis yang kita kelola bisa diciptakan model bisnis
secara waralaba (franchise).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar